Kamis, 16 Mei 2013

Cara Instalasi Windows 7


Cara Instalasi Windows 7 Yang Benar

Spesifikasi minimum hardware yang harus dipenuhi sebelum menginstall windows 7 pada sebuah desktop PC ata notebook adalah sebagai berikut :
  • Processor Intel dengan kecepatan 1 GHz (32 bit atau 64 bit).
  • RAM minimal 1 GB untuk 32 bit dan 2 GB untuk 64 bit.
  • Space hard disk yang masih tersisa minimal 16 GB untuk 32 bit dan 20 GB untuk 64 bit.
  • Direct X 9 graphic card.
 
 
 
 Bagi yang PC/Leptopnya sudah ada OSnya ataupun belum ada, itu caranya sama saja.
Ya pertama – tama siapkan DVD atau Flashdisk OS Windows 7.

 
Kedua, nyalakan computer terus masuk ke BIOS dengan cara tekan del pada keyboard computer.
(cara masuk bios berbeda – beda tergantung media yang digunakan. Contohnya pada computer tekan del untuk masuk bios sedangkan di my leptop saya tekan F2 untuk masuk bios.)
 
Selanjutnya setting bootingnya. Lalu tekan F10 untuk menyimpan settingan yang kamu setting tadi.
(jika menggunakan DVD setting DVD-ROM diposisi pertama booting, atau jika menggunakan flashdisk setting flashdisk diposisi pertama booting.)
Masukan DVD master OS Windows 7 ke DVD-ROM atau colokkan flashdisk master Windows 7 ke port usb PC/Leptop, Selanjutnya akan muncul tulisan “ Pres any key … ” tekan enter dan muncul gambar berikut :
Selanjutnya akan muncul gambar sebagai berikut, lalu pilih bahasa, waktu & format mata uang, keyboard dan klik Next.
Klik Install now.
Pilih jenis windows 7 yang mau di install dan klik Next.
 Lalu akan muncul page license, Conteng ajah I accept the license terms dan klik Next.
Lalu kita akan dikasih dua pilihan yaitu Upgrade & Custom (advanced). Klik Upgrade jika Anda sudah mempunyai versi Windows sebelumnya atau Custom (advanced) jika anda tidak memiliki versi Windows sebelumnya atau ingin menginstal salinan baru Windows 7.
Jika kita pilih Custom (advanced), kita akan mampir dulu di partisi manager windows 7. Lalu atur partisi secukupnya saja dan klik Next. Ingin lebih jelas tentang partisi windows 7? KLIK DISINI
 Lalu akan dimulai proses menginstal Windows 7. Step pertama, yaitu Windows mulai mengcopy file dan setelah selesai instalasi, windows 7 masuk ke step selanjutnya, dan dilanjutkan dengan step – step selanjutnya.
Setelah ke-4 step telah selesai, maka secara otomatis  computer akan merestart setelah 15 detik atau klik Restart now untuk restart tanpa perlu menunggu untuk melanjutkan ke proses setup.
Setelah restart untuk pertama kalinya, proses setup akan dilanjutkan. Ini adalah langkah terakhir sehingga akan mengambil waktu yang agak lamadaripada langkah sebelumnya.

Sekarang akan otomatis restart lagi dan melanjutkan setup. kamu dapat klik Restart now untuk restart tanpa perlu menunggu.
Selanjutnya ketik nama pengguna yang kamu inginkan(terserah) dalam kotak input dan klik Next. Nama komputer akan otomatis terisi.
Jika kamu ingin mengatur sandi ketik saja di kotak input, tapi jika kamu tidak mau mengatur kata sandi langsung saja klik Next.
Selanjutnya ketik produk key master windows 7 kamu dalam kotak input dan klik Next. Kamu juga dapat melewatkan langkah ini dan cukup klik Next jika kamu ingin mengetik kunci produk nanti atau master Windows 7 yang kamu miliki tidak ada produk keynya alias bajakan. Windows yang belum di isi produk keynya akan berjalan hanya selama 30 hari saja.
 
Terus pilih opsi yang kamu inginkan untuk Windows Update.

 
Lalu setting TIME ZONE sesuai daerah yang kamu tinggalli dan klik Next.
Nah selesai sudah proses penginstallan windows 7 baik dengan menggunakan flashdisk maupun DVD. Jika ada pertanyaan, silahkan beri komentarnya saja.

Sekian posting saya kali ini, semoga bermanfaat bagi agan – agan semua.
Jika ada salah – salah kata atau ada kekurangan dari posting saya kali ini saya minta maaf dan mohon dimaklumi karena saya masih baru disini…
SEKIAN DAN TERIMAKASIH, Wasalammm…

0 komentar:

Posting Komentar